Gambar

Gambar

Teks Mengikuti Cursor

JAM WiB Animasi

WELCOME TO MY BLOG

http://catetansionge.blogspot.com

Senin, 16 Januari 2012

Internetan dengan modem usb HSDPA ZTE MF626

Modem usb GSM saat ini udah banyak beredar, dan dari sisi harga pun sekarang tidak jauh berbeda dengan modem usb CDMA (berbeda dengan sekitar 1 – 2 tahun lalu, dimana harga modem GSM jauh di atas harga modem CDMA), dengan dana 300 ribuan sekarang kita sudah bisa dapet modem HSDPA. Salah satunya adalah modem usb ZTE MF626, modem ini sudah support HSDPA (tergantung dengan jaringan dari kartu GSM yang kita pakai).
Selain digunakan sebagai modem, ZTE MF626 ini juga bisa digunakan sebagai card reader (microSD), jadi kita juga bisa memfungsikan ZTE MF62 ini sebagai sarana penyimpanan data. Tidak disediakan cd driver ataupun kabel data dalam paket penjualannya, karena memang driver sudah tersimpan di memory internal modem ini (virtual CD). Modem ZTE MF626 ini sendiri bisa digunakan untuk windows XP/Vista/7, tinggal pasang dan tunggu beberapa saat, otomatis driver dan software akan terinstall dengan sendirinya.
Untuk pemasangan pertama kali, kita harus mengatur parameter koneksi sesuai dengan kartu yang digunakan (ada juga beberapa modem ZTE MF626 yang sudah menyediakan profil koneksi beberapa operator GSM di Indonesia). Jika belum ada profil yang sesuai, kita bisa mengaturnya melalui menu Settings.
Pada menu Settings ini, kita masuk ke tab menu Connection dan klik tombol Add untuk menambahkan profil koneksi baru. Dalam contoh saya gunakan kartu GSM Tri dengan paket internet unlimited, untuk nama koneksi saya isi dengan 3DATA (bebas diganti), dan Dial number diisi dengan *99# (standar dial number GSM).
Bagian APN, pilih Use the following APN address dan diisi dengan 3data, sedangkan username dan password sama, diisi dengan 3data. Terakhir, simpan profil dengan mengklik Save, dan dilanjutkan dengan menekan Apply untuk mengaplikasikan profil yang telah dibuat tadi.
Sampai di sini proses pembuatan profil sudah selesai, dan kita bisa mulai mengaktifkan koneksi dengan menekan tombol Connect.
Untuk mencoba kemampuan modem ZTE MF626 ini saya gunakan Speedtest.net dan Pingtest.net, hasilnya adalah seperti di bawah ini. Dari 3 kali tes dengan Speedtest.net secara berturut-turut, kecepatan download berada pada 0,14Mbps dan upload pada 0,7Mbps. Sedangkan untuk Pingtest, dari 3 kali tes, hasilnya adalah nilai D untuk kualitas koneksi, sebuah nilai yang kurang baik kalo menurut saya.
Hasil tes koneksi modem ZTE MF626 dengan kartu Tri ini tidak jauh berbeda dengan modem Huawei E160G yang pernah saya coba sebelumnya, dimana nilai rata-rata yang bisa dicapai melalui Pingtest.net adalah D juga. Hanya saja, untuk test dengan Speedtest.net, hasilnya jauh lebih baik modem Huawei E160G, padahal lokasi yang digunakan adalah sama. Hanya saja dengan modem Huawei E160G saya bisa mendapatkan sinyal HSDPA, sedangkan dengan modem ZTE MF626 ini saya hanya mendapatkan sinyal EDGE, ini yang mempengaruhi perbedaan kecepatan download yang cukup besar di antara keduanya.
Itu tadi informasi singkat tentang modem usb ZTE MF626, jika temen-temen membutuhkan driver bawaan dari ZTE MF626 ini bisa didownload di Freeware.
http://ariawijaya.com/2010/10/18/internetan-dengan-modem-usb-hsdpa-zte-mf626/

1 komentar:

  1. bang kalau virtual cd nya zte mf 626 hilang atau ga mau loading otomatis gmn bang solusinya?mohon dikasih pencerahan ke email yetix_blues@yahoo.com.sg
    terimakasih

    BalasHapus